Bank Soal / Try Out SD, SMP, SMA, Bimbel Masuk PTN, Bimbel Masuk Sekolah Kedinasan, Bimbel Masuk TNI/POLRI, Bimbel Masuk CPNS/CASN

Selasa, 16 Agustus 2022

TRANSFORMASI KELAS 9 SMP

TRANSFORMASI 

A.   Pengertian Transformasi

Transformasi di bidang datar adalah suatu pemetaan titi di bidang yang sama. Transformasi biasanya dilambangkan dengan T. Jika titik (x, y) ditransformasikan menjadi titik (x’,y’) oleh transformasi T, maka ditulis T: (x,y)⤏ (x’,y’). Transformasi tersebut dinamakan transformasi geometri. Titik (x’, y’) dinamakan bayangan dari titik (x,y)


B.   Translasi

Translasi adalah pemindahan suatu objek sepanjang garis lurus dengan arah dan jarak tertentu.



C.   Refleksi

Refleksi (Pencerminan) adalah suatu transformasi yang memindahkan suatu titik pada bangun geometri dengan menggunakan sifat benda dan bayangannya pada cermin datar. Matriks yang bersesuaian dengan tranformasi geometri

D.   Rotasi (Perputaran)

Rotasi (perputaran) adalah suatu transformasi yang memindahkan suatu titik pada bangun geometri dengan memutar titik tersebut terhadap pusatnya.



 Keterangan

α + : arah putaran berlawanan putaran jarum jam

α - : arah putaran searah putaran jarum jam


D.   Dilatasi

Dilatasi (perkalian) adalah suatu transformasi yang memindahkan suatu titik pada bangun geometri yang bergantung pada titik pusat dilatasi dan faktor (skala) dilatasi. Faktor yang menyebabkan diperbesar atau diperkecilnya suatu bangun ini disebut faktor dilatasi. Faktor dilatasi ini dinotasikan dengan huruf kecil, misalnya k.

·      Jika k > 1 atau k < -1, maka hasil dilatasinya diperbesar

·      Jika -1 < k < 1, maka hasil dilatasinya diperkecil

·      Jika k = ± 1, maka hasil dilatasinya tidak mengalami perubahan

 

1.    Dilatasi  dengan pusat (0,0) dan faktor dilatasi k

Rumus:










 



Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog